Wujudkan Pemerintahan Yang Transparan, Pemkot Palembang Luncurkan E-Sakip

oleh
Wujudkan Pemerintahan Yang Transparan, Pemkot Palembang Luncurkan E-Sakip

Palembang, Kompassindo – Dalam rangka mewujudkan Pemerintahan yang transparan, Pemerintah Kota Palembang melalui bidang organisasi tata laksana (Ortala) sekretariat daerah kota Palembang meluncurkan E-Sakip, sebuah aplikasi yang memuat dokumen perencanaan dan sistem akuntabilitas kinerja pemerintah kota Palembang.

Untuk menunjang keberhasilan program E-Sakip diadakan bimbingan teknis E-Sakip yang diiukuti oleh seluruh OPD Kota Palembang. Bimbingan teknis yang diselenggarakan di ruang parameswara sekretariat daerah kota Palembang ini dibuka langsung oleh Sekda Kota Palembang, Harobin Mustofa, sabtu (7/10).

Sekda Kota Palembang Harobin Mustofa mengungkapkan, dengan adanya E-Sakip ini masyarakat luas bisa mengetahui secara langsung kinerja pemerintah kota Palembang sehingga pemerintahan yang transparan bisa terwujud.

“Aplikasi ini berisi tentang kinerja pemerintah kota Palembang dari semua OPD, sistem perencanaannya, sampai pada rencana strategis kerja setiap OPD, aplikasi ini juga mempermudah setiap OPD untuk memperoleh data secara akurat dan bisa dilihat langsung oleh masyarakat” Ungkap Harobin Mustofa.

Sementara itu kepala bagian Ortala sekretariat daerah kota Palembang Nurmala menjelaskan, bimbingan teknis yang dilaksanakan ini diikuti oleh seluruh OPD yang terdiri dari sekretaris pada setiap OPD, kasubag perencanaan, dan satu orang aperator dari setiap OPD.

“Langkah awal kita minta mereka untuk mengentry data berupa visi misi setiap OPD, dan program setiap OPD, nanti akan diproses secara otomatis oleh e-sakip, kedepan akan terus ditingkatkan, seluruh data kinerja OPD akan diproses oleh aplikasi ini, bagi masyarakat yang ingin melihatnya bisa mengakses langsung ke alamat website esakip.palembang.go.id ” jelas Nurmala. (fadhel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *