Warga Kelurahan Karya Mulya Sambut Baik Pembangunan IPAL

oleh

PALEMBANG, KOMPASSINDO – Guna menciptakan lingkungan yang sehat dan sanitasi berbasis alami, Pemerintah kota Palembang melalui Dinas Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat membuat sistem pengelolaan limbah rumah tangga dengan pembangunan IPAL dan perpipaan di keluarahan Karya Mulya. Pemanfaatan  sistem ramah lingkungan ini sangat dirasakan bermanfaat besar bagi masyarakat setempat untuk hidup lebih sehat.

Hal  ini dibenarkan Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda, bahwa masyarakat komplek Safali Permai Karya Mulya sangat senang sekali dengan hadirnya pembangunan IPAL, disamping ada kolam retensi yang ada ikan nya disana mereka bisa menikmati hidup sehat dari program pembangunan ini.

“ Mudah-mudahan program ini bisa berkelanjutan dan terus berpihak kepada masyarakat kecil, jika semua ini dilakukan maka pemerataan pemukiman jauh dari kota bisa merasakan hasi pembangunan. Maka dari itu saya terus membuka ruang aspirasi dari penduduk setempat ini,”katanya selasa (17/10) saat meninjau BAK IPAL.

Ditempat yang sama, Kusmeihadi Ketua kelompok Pemeliharaan dan Pemanfaatan  (KPP) menjelaskan jika program pembangunan ini sudah mencapai 40-60 persen. Cara kerjanya sendiri dari setiap perumahan akan dipasang pipa yang akan disambungkan dengan pipa utama yang akan kita buat terlebih dahulu. Setelah itu selesai maka semua limbah cair dan padat dari rumah siap untuk dialiri.

“ Untuk pembangunan ini lamanya 6 bulan dengan 9 BAK berfungsi sebagai penyaringan limbah tersebut yang sudah diurai dari 50 lebih Kepala Keluarga (KK). Dengan ukuran 4 meter x 6 meter dan kedalaman 2,5 meter ini diharapkan bisa mewujukkan lingkungan yang sehat tentunya,”katanya.

Lebih lanjut Herry warga perumaham safalibpermai kelurahan karya mulya, mengatakan jika kedatangan Ibu Fitri ke daerah kami benar-benar sangat kami harapkan, karena kami disini tinggalnya sudah sangat jauh dari keramaian kota. Alhamdulilah saat diskusi tadi kami menyampaikan semua keluahan baik itu berkenaan dengan lingkungan dan keamanan.

“Semuanya ditanggapi secara langsung olehnya termasuk pembangunan sanitasi ini khusunya. Ya, kami sangat senang sekali jika pembangunan ini bisa berkelanjutan tidak hanya sampai disini saja,”pungkasnya.  (fadhel)

 

Tentang Penulis: Kompassindo Cyber Media

Gambar Gravatar
Tampang Sangar Tapi Hati Selembut Salju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *