Unsri Sediakan Kuota 30 Persen Penerimaan Jalur SNMPTN

oleh

PALEMBANG, KOMPASSINDO – Dari total nasional sebanyak 820.342 siswa, Unsri hanya menyediakan 30 persen kuota untuk jalur undangan. Ini merupakan Persaingan ketat antara jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 . Jalur undangan ini menjadi incaran seluruh siswa kelas XII baik SMA/SMK/MA untuk melanjutkan pendidikan tinggi ke PTN favorit.

Saat ini, para siswa dan sekolah tengah disibukkan mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) terhitung sejak tanggal 13 Januari lalu hingga 10 Februari mendatang.

Humas dan Promosi SNMPTN Unsri, Prof Dr Ir Zulkifli Dahlan MSi DEA mengatakan, saat tahapan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) saat ini, sekolah harus meminta siswanya memverifikasi nilai rapor secara benar. Proses seleksi menggunakan data software khusus yang sudah langsung mencetak siswa diterima dimana dan jurusan apa,” tegasnya.

Pengisian PDSS ini merupakan langkah awal dan sangat penting, mengingat kelolosan para peserta ditentukan oleh PDSS.EMENT

“Jika ada perbedaan nilai rapor asli dari pengisian PDSS, maka kelulusannya akan dibatalkan,” ujarnya saat melakukan sosialisasi, Kamis (25/1/2018).

Ia menambahkan, nilai Ujian Nasional (UN) tidak menjadi syarat karena hanya menggunakan nilai Rapor dari semester 1-5.

“Data nilai primer tidak diolah perguruan tinggi, tapi tim panitia data primer SNMPTN, Jadi tidak ada titipan apalagi minta tolong untuk diloloskan, semua verifikasi murni dilakukan oleh sistem pusat,” ungkapnya.

Selain itu, meskipun peserta merupakan juara kelas namun belum bisa menjadi jaminan. Sebab yang dilihat nilai rata-rata mata pelajaran. Nilai Rata-rata rapor naik turun tidak ada pengaruhnya, karena yang akan diambil adalah data nilai akhir tertinggi.

Ia menegaskan, kepala sekolah jangan melakukan seleksi sendiri siswanya karena berpatokan kuota tersebut. Karena sistemnya di pusat yang akan seleksi, Yang penting saat pengisian nilai rapor harus jujur dan sesuai,”ujarnya.  (fadel)

 

Tentang Penulis: Kompassindo Cyber Media

Gambar Gravatar
Tampang Sangar Tapi Hati Selembut Salju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *