Realisasi Anggaran Pemprov Jambi Melonjak

oleh

JAMBI,  KOMPASSINDO – Gubernur Jambi, H.Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA beserta Wakil Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum dan Penjabat Sekretaris Daerah (Pj.Sekda) Provinsi Jambi mengadakan Rapat Evaluasi Serapan Anggaran Tahun 2017 bersama Kepala Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Jambi, bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jum’at (27/10/2017) sore.

Gubernur Zola langsung memimpin Rapat Evaluasi Serapan Anggaran Tahun 2017 dan Pj. Sekda bertindak sebagai moderator. Turut hadir Staf Ahli Gubernur dan Asisten Setda Pemerintah Provinsi Jambi dalam rapat yang berlangsung tertutup tersebut.

Dalam sesi wawancara, Gubernur Zola mengemukakan, realisasi anggaran Pemerintah Provinsi Jambi Tahun 2017, sampai dengan tanggal 25 Oktober 2017 mengalami kenaikan yang sangat signifikan dibandingkan dengan realisasi anggaran pada triwulan II. Kenaikan realisasi anggaran pada triwulan III ini juga merupakan dampak dari pelantikan eselon II yang dilaksanakan pada awal bulan Agustus kemarin.

“Para pejabat yang dilantik awal bulan Agustus kemarin, benar benar telah bekerja secara maksimal dalam upaya menaikkan serapan anggaran untuk memenuhi target realisasi anggaran pada akhir Desember nanti, tentu dengan dukungan semua pihak yang turut membantu,” ujar Zola.

Gubernur Zola menyampaikan, melihat dari kinerja yang telah dilaksanakan secara maksimal oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Jambi dalam mencapai serapan anggaran yang tinggi, Pemerintah Provinsi Jambi memiliki sikap optimis dalam mencapai target realisasi anggaran pada akhir Desember nanti sebesar 95 persen.

“Apabila ada Organisasi Perangkat Daerah yang tidak mencapai target realisasi di akhir tahun, tentu akan kita kaji kembali penyebab tidak tercapainya target tersebut. Kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab tidak tercapainya serapan anggaran tersebut,” tutur Zola.

Gubernur Zola mengungkapkan, ada beberapa Organisasi Perangkat Daerah yang serapan anggarannya masih rendah, seperti Dinas Perhubungan Provinsi Jambi. Penyebab serapan anggaran pada Dinas Perhubungan masih rendah, salah satunya adalah sewa pesawat haji yang belum dibayarkan, nanti setelah dibayarkan akan terlihat kenaikan yang signifikan dalam serapan anggaran Dinas Perhubungan Provinsi Jambi.

“Rata rata, setiap Organisasi Perangkat Daerah untuk persentase fisik sudah tinggi karena kegiatan telah dilaksanakan, tinggal melakukan pencairan sehingga nanti serapan anggaran tinggi,” ungkap Zola.

Gubernur Zola menekankan, serapan anggaran yang tinggi sangat penting, seperti pesan Bapak Presiden Jokowi Widodo untuk melakukan percepatan dalam segala bidang dan Pemerintah Provinsi Jambi sendiri sangat optimis dalam mencapai target realisasi anggaran sebesar 95 persen pada akhir Desember nanti.

“Dalam waktu efektif sekitar 1 sampai 2 bulan ini, saya sudah menginstruksikan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah untuk bekerja secara maksimal guna mencapai target realisasi anggaran yang telah ditentukan, terutama dalam tahap pencairan, karena rata rata sekarang tinggal tahap pencairan saja sehingga akan berdampak pada serapan anggaran yang tinggi,” pungkas Zola.

Gubernur Zola menambahkan, untuk realisasi pendapatan daerah, Pemerintah Provinsi Jambi sampai dengan Oktober 2017 telah melebihi dari target yang telah ditetapkan yaitu sebanyak 81,16 persen dari target yang sudah ditetapkan sebanyak 75 persen. “Saya berharap, realisasi pendapatan akhir tahun nanti bisa melebihi dari target yang telah ditetapkan, kalau melihat dari kondisi saat ini,” harap Zola. (slo/fzi/rill)

 

 

Tentang Penulis: Kompassindo Cyber Media

Gambar Gravatar
Tampang Sangar Tapi Hati Selembut Salju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *