PLN Siap Sukseskan Asian Games 2018

oleh

Simulasi Sistem Kelistrikan Kota Palembang Berjalan Mulus

PALEMBANG, KOMPASSINDO

Simulasi Sistem Kelistrikan Kota Palembang yang dilakukan oleh PT. PLN (Persero) pada Sabtu (24/3/18) berjalan lancar tanpa kendala sedikitpun. Simulasi yang bertujuan untuk menguji keandalan sistem kelistrikan yang memasok Kota Palembang terutama menjelang Asian Games yang akan dihelat Agustus ini dilakukan dengan melepaskan Sistem Kelistrikan Kota Palembang dari Sistem Transmisi Sumatera.

Pelaksanaan simulasi ini dihadiri langsung oleh Supriyadi selaku Kepala Divisi Operasi Regional Sumatera beserta jajarannya, serta Manajer Distribusi WS2JB Abdul Harris dan Manajer Area Pengatur Distribusi Nanang Prasetyo.

Seperti diketahui, bahwa dalam mendukung suksesnya Asian Games 2018 di Kota Palembang, PLN telah melaksanakan pembangunan sistem kelistrikan untuk memperkuat pasokan listrik di Kota Palembang. Dengan pasokan listrik yang terhubung pada grid sistem transmisi Sumatera dari 2 (dua) arah, yaitu: melalui GITET Betung-Sekayu dan Penghantar Gunung Megang. Selain itu jumlah pembangkit listrik dalam kota juga telah ditingkatkan kapasitasnya, sehingga dapat dipastikan mampu mencukupi kebutuhan daya untuk Kota Palembang.

Manajer Area Pengatur Beban (APD) S2JB Nanang Prasetyo mengatakan, komposisi pembangkit telah dibuat seideal mungkin supaya tidak padam. “Secara hitungan dan simulasi dengan aplikasi, hal ini tidak akan menyebabkan padam karena pembangkit di dalam Kota Palembang masih mampu,” ujar Nanang.

Simulasi dilaksanakan dalam 3 (tiga) tahap, yaitu:

Tahap 1: Sistem Kota Palembang dilepas dari Sistem GITET Betung-Sekayu melalui IBT Betung 275kV pada pukul 08.58 WIB dan dimasukkan kembali ke sistem pada pukul 09.07 WIB

Tahap 2: Sistem Kota Palembang dilepas dari Penghantar Gunung Megang 1-2 di PMT 150kV GI Bukit Asam pada pukul 09.36 dan dimasukkan kembali ke sistem pada pukul 09.41 WIB

Tahap 3: Sistem Kota Palembang dilepas dari Sistem GITET Betung-Sekayu dan Penghantar Gunung Megang 1-2 di PMT 150kV GI Bukit Asam sehingga Sistem Kelistrikan Kota Palembang dalam posisi Island mulai pukul 10.02 WIB hingga 10.11 WIB kedua suplai dari transmisi telah kembali dimasukkan.

Selama proses manuver sistem tersebut, tidak terdapat kendala teknis yang berpotensi menyebabkan blackout (padamnya sistem). Hal ini merupakan suatu keberhasilan atas upaya pembangunan sistem yang sudah dilakukan selama ini. Dengan keberhasilan simulasi ini, dapat diyakinkan bahwa sistem kelistrikan telah siap mensuplai kebutuhan listrik Kota Palembang, terutama dalam rangka mensukseskan Asian Games 2018 . (fadel)

Tentang Penulis: Kompassindo Cyber Media

Gambar Gravatar
Tampang Sangar Tapi Hati Selembut Salju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *