PLN Amankan Pasokan Listrik Untuk Siswa Jelang UNBK

oleh

PALEMBANG, KOMPASSINDO – PT PLN Wilayah Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu ikut serta dalam mensukseskan jalannya UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) yang dimulai hari ini (2/4/18).  Hal tersebut dilakukan dengan mengamankan pasokan listrik, terutama yang mensuplai  sekolah-sekolah yang mengadakan ujian yang dilaksanakan secara online ini.

Hal ini disampaikan oleh Lala Arief  Fadila selaku Manajer SDM & Umum dalam kunjungannya ke SMK Negeri 2 Palembang. Langkah untuk menjamin pasokan listrik telah dilakukan oleh rekan-rekan dari PLN Area sejak beberapa Minggu yang lalu, saat ini petugas unit siaga untuk memastikan kontinuitas  pasokan listrik selama pelaksanaan UNBK.

“PLN sudah melakukan pemeliharaan rutin sebagai tindakan preventif, inspeksi kalau ditemukan peralatan yang berpotensi gangguan diperbaiki, kalau harus diganti ya diganti”, ujarnya saat disela-sela kunjungannya. Terkait upaya khusus untuk mengamankan pasokan listrik ketika pelaksanaan UNBK, pihak PLN pada saat H-3 sampai H+3 pelaksaan UNBK meminimalkan kegiatan pemeliharaan jaringan yang memerlukan pemadaman, sehingga diharapkan pasokan listrik tetap terjaga saat pelaksanaan ujian ini.

Terkait suplai cadangan listrik, PLN memastikan bahwa ketersediaan listrik sangat cukup, selama tidak terdapat gangguan yang unpredictable, pasokan listrik akan tetap terjaga. “Petugas Teknik kami Siap dan selalu Siaga 24 jam, kalau memang dalam keadaan emergensi, nanti rayon-rayon terdekat akan segera memberikan pelayanan atau menyediakan genset sebagai back up terakhir untuk suplai listrik di sana,” tutupnya.

Sementara Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Zulkarnain mengatakan, dirinya sangat berterima kasih atas kunjungan PLN ke SMK Negeri 2 ini, dirinya juga berharap agar PLN dapat menjaga pasokan kondisi listriknya selama menjelang pelaksanaan UNBK.

“Saya sangat bangga dengan PLN, kedatangannya kesini untuk mengecek pasokan energi listrik selama kegiatan UNBK di SMKN 2, semoga ini dapat berjalan dengan baik”, ungkapnya.

Selanjutnya, PLN juga mengunjungi pelaksanaan UNBK di SMK Negeri 4 Palembang yang berlokasi di Jalan Pipa Reja. Dalam pertemuannya, Kepala Sekolah SMK Negeri 4 Drs. Ramot Siahaan, M.Si mengatakan, selama kurang lebih lima tahun bekerjasama dirinya merasa bangga atas kerjasama pihak PLN dengan sekolah. Saat ini, SMK se Kota Palembang merupakan sekolah yang paling siap mengadakan Ujian berbasis komputer ini. “Sebanyak 69 SMK se Kota Palembang 100% di Tahun 2018 melaksanakan UNBK” imbuhnya.

“Selain melaksanakan UNBK untuk SMKN 4 sendiri, kami juga mengadakan UNBK untuk SMK Swasta di sub rayon yang sama. Jumlah peserta ujian tahun ini lebih dari 650 anak”, terangnya.

Beliau juga menyampaikan secara teknis jumlah komputer yang digunakan sebanyak 249 unit, dengan server yang dilengkapi uninterrupted power supply (UPS). ”Meski demikian, UPS kami hanya bertahan paling lama 15 menit, sementara genset yang tersedia hanya cukup untuk menghidupkan server saja, untuk itu kami berharap pasokan listrik PLN tetap menyala,” pungkasnya.  (fadel)

 

 

Tentang Penulis: Kompassindo Cyber Media

Gambar Gravatar
Tampang Sangar Tapi Hati Selembut Salju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *