Pengumuman PPDB Sma Unggulan Di Sumsel Ricuh

oleh

PALEMBANG, KOMPASSINDO – Pasca pengumuman online di SMAN 1 Palembang Senin (15/1) sore, Kisruh Protes orangtua/wali calon siswa yang mengikuti seleksi PPDB di SMAN plus 17 Palembang kini mulai mereda. Banyak orangtua calon siswa yang protes karena saat pengumuman awal dinyatakan lulus ternyata pengumuman selanjutnya tidak lulus.

Kepala SMAN plus 17 Palembang, Parmin SPd MM mengatakan, memang terjadi kesalahan teknis saat proses upload nilai di SMAN 1 Palembang. “Pada saat proses scanning lancar. Barulah sekitar pukul 19.00 malam staf IT kami mengupload data tersebut. Memang awalnya sama persis dengan SMAN 1 Palembang,” ujarnya.

Bedanya, jika penentuan lulus di SMAN 1 Palembang berdasarkan ranking secara umum. Sedangkan SMAN plus 17 Palembang berdasarkan ranking putra-putri. “Karena untuk memenuhi kuota asrama, kita sudah ada kuota asrama yakni 182 untuk laki-laki dan 214 perempuan,” ujarnya.

Jadi daya tampung untuk SMAN plus 17 Palembang untuk 11 kelas hanya 396, itu pun sudah dipangkas kuota PMPA sebanyak 20 siswa. “Artinya, walaupun nilainya besar tapi kalau kuota sudah habis, ya mau bagaimana lagi. Kita sudah berulang kali memberikan pemahaman, namun masih banyak yang tidak terima,” ujarnya.

Satu-satunya sumber kelulusan yang valid adalah yang ditempel di sekolah, baik SMAN 1 Palembang SMAN plus 17 Palembang. “Kami hanya ingin pemahaman orang terhadap kuota asrama kita. Soal kelulusan yang diupload murni kesalahan sistem, yang tidak memisahkan kuota asrama,” jelasnya

Bahkan Parmin mengaku ia sempat diancam dan diintimidasi oleh orangtua calon siswa yang tidak terima jika anaknya tidak lulus. “Lama sekali saya meredakan itu semua. Sempat juga diancam cabut pisau dan parang, tapi saya tetap hadapi dengan bijak. Saya paham, secara psikis calon siswa pasti tidak terima,” ungkapnya.  (fadel)

 

Tentang Penulis: Kompassindo Cyber Media

Gambar Gravatar
Tampang Sangar Tapi Hati Selembut Salju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *