Pemkot Palembang Realisasikan Restorasi Sungai Sekanak

oleh

PALEMBANG, KOMPASSINDO  – Kini Pemerintah Kota  Palembang satu langkah lebih dekat menjadikan Kota Palembang sebagai kota wisata air atau Venisia dari timur.

Bagaimana tidak, setelah beberapa destinasi wisata di pinggiran Sungai Musi seperti Tepian Sekanak Bersolek, Kampung Mural Gudang Boen Tjit, Lorong Basah Night Culinary, Kampung Kapitan, Kampung Al Munawar serta destinasi wisata lainnya di kawasan tersebut. Kali ini Pemkot Palembang bakal melakukan restorasi kawasan Sungai Sekanak. Bahkan, restorasi ini akan berlangsung dari kawasan Sungai Sekanak hingga ke Sungai Lambirado Kecamatan Gandus.

Kepala Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang A Bastari Yusak mengatakan, lelang tendenr pengerjaan restorasi ini sudah selesai dan pengerjaannya akan dimulai dalam pekan ini juga. Sehingga nantinya setelah dilakukan restorasi, masyarakat nantinya bisa berlayar menggunakan rakit mengitari sungai tersebut

“Nantinya sungai Sekanak hingga ke sungai Lambidaro akan digali sedalam 2 meter (M), sehingga air pasang surut dari sungai musi dapat masuk ke anak-anak sungai tersebut. Sungai inipun nantinya tidak akan kotor, karena akan dilengkapi dengan Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL),” kata Bastari usai melakukan sosialisasi restorasi sungai sekanak di kantor Lurah 23 Ilir Kecamatan Bukit Kecil, Rabu (2/5).

Nantinya, lanjut dia, untuk merealisasikan projek ini sejumlah jembatan yang dilalui sungai akan sedikit dirombak. Jembatan yang sebelumnya datar, akan dirubah sedikit melengkung, agar perahu atau rakit bisa melintas. “Setidaknya, ada tujuh jembatan yang akan dirombak, yakni jembatan di Jalan Merdeka, Jalan Rivai, Jalan Radial, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Demang Lebar Daun, Jalan Lunjuk, dan Jalan Puncak Sekuning,” paparnya.

Bastari menerangkan, untuk pilot project dari sungai Sekanak ke jalan Merdeka akan selesai sebelum Asian Games mendatang agar bisa dilalui oleh perahu. Sementara untuk kelanjutannya menuju ke sungai Lambidaro akan selesai pada tahun 2019.‎ “Anggarannya itu sekitar Rp7,5 miliar. Kanan kiri sungai ini akan dibebaskan dan dibuat jalan seperti pedestrian dan tengah pengaliran sungai,” ujarnya.

Sementara itu, PJs Walikota Palembang Akhmad Najib mengatakan, anggaran restorasi sungai Musi ini sudah diperhitungkan. Namun setelah proyek ini selesai, Najib berharap agar masyarakat sama-sama menjaga destinasi wisata kota Palembang ini. “Kalau sudah dibangun, dijaga, jangan dirusak, jangan dicoret-coret, karena anggarannya besar,” singkatnya. (fadel)

 

Tentang Penulis: Kompassindo Cyber Media

Gambar Gravatar
Tampang Sangar Tapi Hati Selembut Salju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *