Pelayanan Terpadu Tingkatkan Kepuasan Masyarakat

oleh

JAMBI, KOMPASSINDO – PTSP disiapkan sebagai ruang publik yang akan mengurus beragam pengajuan perizinan, informasi seputar bantuan dan beasiswa, termasuk juga layanan aduan masyarakat. Pemberian layanan didasarkan pada standar operasional prosedur (SOP) serta jangka waktu pelayanan yang jelas. Pengelolaannya juga akan mengacu pada standar mutu pelayanan prima.

Ka.Kanwil, H.Muhammad menegaskan bahwa pelayanan terpadu ini sudah mendesak untuk diwujudkan di Provinsi Jambi dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, “saat ini kita sedang menggalakkan e-government dengan pelayanan berbasis elektronik yang akan disinergikan dengan pelayanan lainnya,” ungkapnya usai upacara HAB Kementerian Agama, Rabu (3/1).

Dikatakan, Kantor Wilayah akan membuat edaran ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten/ Kota, “saat ini kita sedang melakukan persiapan dan insya Allah Maret bila tidak ada kendala akan diluncurkan,” sambungnya.

Menurutnya saat ini sebagai contoh pelayanan nikah dengan adanya SIMKAH (Sistem Informasi Manajemen Nikah) yang berguna untuk mengumpulkan data-data Nikah dari seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) di Wilayah Republik Indonesia secara online maupun offline, data akan tersimpan dengan aman di KUA setempat, di Kabupaten/Kota di Kantor Wilayah Propinsi dan di Bimas Islam. Data-data tersebut berguna untuk membuat berbagai analisa dan laporan sesuai dengan berbagai keperluan.

“Jadi masyarakat bisa tahu dengan cepat apa-sapa saja yang harus dipenuhi yang menjadi syarat untuk melakukan nikah serta pendaftarannya serta yang terpenting adalah sebuah kepastian akan sebuah pelayanan,” ungkapnya.

Dengan adanya pelayanan terpadu standar kerja dan kinerja di internal Kementerian Agama. Sistem kerja akan menjadi lebih rapi, produktifitasnya terukur, dan semua aktivitas proses layanan juga tercatat. Dengan pengelolaan data digital, dokumen-dokumen perizinan akan lebih mudah diverifikasi, diolah sesuai peruntukannya, dan lebih minim risiko. (silo/fauzi)

 

Tentang Penulis: Kompassindo Cyber Media

Gambar Gravatar
Tampang Sangar Tapi Hati Selembut Salju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *