Panwascam Lakukan Penertiban ALat Peraga Kampanye

oleh

PALEMBANG, KOMPASSINDO – Demi Meningkatkan keamanan dan kondusifitas Pilkada Serentak Yang Ada di Sumsel,  Terkhususnya kota Palembang Dalam Mengkampanyekan alat Peraga Di Masyarakat, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu)  Kota Palembang Melakukan Penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) Yang Berada Di Seputaran Titik Kota Palembang, Terkhususnya wilayah ilir Barat 1 (IB1).  Selasa (13/3/2018)

Ketua Panwascam kecamatan ilir barat 1 , (IB 1) , Rusdi Mengatakan,  Kita Melakukan ini guna penertiban kampanye yang berlangsung agar berjalan aman dan nyaman serta kondusif. Karena alat peraga kampanye (APK)  sudah di atur yang sesuai oleh KPU Kota Palembang. Oleh sebab itu para pasangan calon kandidat walikota maupun gubernur kiranya untuk menurunkan APK nya,  nanti kalau sudah ada waktunya dan petunjuk dari KPU yaa silakan saja,  karena sesuai prosedur yang ada dan berlaku, “katanya saat di bincangi di kantornya.

Sementara itu, Kasi Operasional Dan Pengendalian Satpol PP Kota Palembang Hery Andriadi Mengatakan, atas petunjuk Panwas Kecamatan melakukan penertiban pelepasan baik umbul-umbul spanduk yang memang di dalam peraturan KPU Itu melanggar, belum ada yang resmi. untuk alat peraga kampanye sudah dipastikan dari ketua Panwas kota sudah memastikan. yang berdiri sekarang ini belum resmi , yang resmi itu nanti diberitahukan oleh KPUD kita ke Panwas itu bentuk Ukuran titik-titik penempatan pemasangan itu sudah ditentukan semua oleh KPU,”ujarnya saat di temuin di sela-sela penertiban alat peraga kampanye di jalan demang lebar daun.

Sementara itu, Di tempat Yang sama Camat Ilir Barat 1 (IB1) Kota Palembang, Asnawi Mengatakan,  Penertiban yang dilakukan oleh kecamatan Ilir Barat 1 tentunya tidak lain adalah untuk penertiban APK.  Itu merupakan bagian dari pada untuk mensukseskan Pemilu Kada yang tentunya akan dilaksanakan di tahun 2018 di bulan Juni 2018 ini. dan penertiban ini bukan di daerah Kecamatan kami saja,  tetapi itu berdiri sendiri di dalam melakukan kegiatan ini,”katanya saat di temuin ruang kerjanya.

“penertiban yang dilakukan secara gabungan di situ ada Polri di situ ada TNI yang mewakili dan Pol PP. penyelenggara Pemilukada yaitu panwascam Kecamatan yang tentunya dalam aksi penertiban ini kami pun tidak bisa berjalan tanpa adanya panwascam untuk memaksimalkan tugas dari panwascam Salah satunya yaitu untuk mengaktifkan APK dari pada fungsinya,”ujar asnawi.

Asnawi Menambahkan, kita berharap bahwa Pemilukada ini berjalan dengan baik sesuai dengan azas yang ada di dalam Pemilukada ini yang tentu kita menginginkan dari tingkat yang paling bawah sampai ke atas itu berjalan dengan baik sukses lancar aman dan kondusif,”imbuhnya.

Sementara itu,  Anggota SDM Dan Organisasi Bawaslu Sumsel,  Iin Irwanto Mengatakan, Aturan KPU itu memang harus segera dilepas alat peraga kampanyenya, Jadi kami dari Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan menghimbau Panwaslu kabupaten kota se Sumatera Selatan untuk tetap mengawasi pelanggaran APK di lapangan, artinya kami akan melakukan ini secara adil kepada setiap pasangan apabila aturan yang dilanggar kemudian mengenai buku kami sudah berkoordinasi dengan KPU Provinsi Sumatera Selatan untuk segera melakukan rakor bersama tim Pasangan calon karena sampai sejauh ini aturan mengenai jumlah posko dan pemasangan APK di sekitar itu belum ada aturan yang jelas sehingga Kami menghimbau kepada Kpu Sumatera Selatan untuk secepatnya sesegera mungkin untuk melakukan rakor bersama panwaslu mengenai foto dan APK di sekitar,”pungkasnya.  (fadel)

Tentang Penulis: Kompassindo Cyber Media

Gambar Gravatar
Tampang Sangar Tapi Hati Selembut Salju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *