Pakai Baju Adat, Pemkot Pertahankan Khas Budaya Palembang.

oleh

 

PALEMBANG, KOMPASSINDO – Ada suasana yang berbeda dihari jumat pagi di lingkungan Pemerintah Kota Palembang (Pemkot), mereka mengenakan pakaian khas adat kota Palembang khusus wanita mengenakan baju kurung, kain songket sedangkan baju telok belango dan kain songket bagi pria.

Hal ini diterapkan Pemkot Palembang mengingat jatidiri khas adat kota Palembang harus ditonjolkan ke mancanegara serta melestarikan kebudayaan leluhur.

Satu hari mengenakan baju bercorak adat serasa kejayaan sriwijaya tempo dulu kembali menggelora pada masanya. Dalam pantauan jurnalis semua dinas dan instansi terkait mengenakan baju tersebut dan menjadi pusat perhatian masyarakat setempat.

Seperti halnya di pelayanan wisata di monpera. Dora salah satu wisatawan domestik asal kota Jakarta Monpora mengatakan jika setiap instansi mengenakan pakaian adat khas daerah masing -masing artinya ciri khas kebudayaan kota mereka akan terjaga, pastinya menjadi identik.

“Ya pastinya Palembang menjadi suatu percontohan bagi kota lain karena dalam lima hari jam kerja menyisipkan satu hari untuk mengenakan baju adat khas daerah masing-masing untuk dipernalkan,”tutupnya.

Sementara itu Kabag Humas Pemkot Palembang Amirudin Sandi mengatakan dengan melestariakan khasana budaya dan khas kota Palembang, Pemkot Palembang mengeluarkan Perwali wajib mengenakan pakaian adat setiap jumat bagi ASN, Non ASN dan BUMN,BUMD, Selain itu juga setiap BUMN, BUMD, pegawai BANK negara dan swasta, perhotelan serta pegawai bandara dilibatkan dalam pemakaian baju tersebut.

Berdasarkan surat edaran no.07/SE/DISBUD/2018 tentang pakaian adat kota Palembang  dan Pewali no.3 tahun 2018 bahwa di wajibkan bagi pegawai ASN dan NON ASN di lingkungan Pemerintah kota Palembang untuk setiap hari jumat mengenakan pakaian khas adat kota Palembang.

Selain itu juga setiap BUMN, BUMD, pegawai BANK negara dan swasta, perhotelan serta pegawai bandara untuk mengintruksikan melalui pimpinan masing-masing guna mewajibkan setiap jumat mengenakan pakaian adat tersebut,”pungkasnya.¬† (fdel)

 

 

 

Tentang Penulis: Kompassindo Cyber Media

Gambar Gravatar
Tampang Sangar Tapi Hati Selembut Salju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *