Kemenag Sumsel Tingkatkan Mutu Kualitas Pendidikan

oleh

PALEMBANG, KOMPASSINDO – Semakin banyanya minat masyarakat terhadap dunia pendidikan formal di Madrasah terus meningkat. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan jumlah calon siswa baru yang mendaftar dan kapasitas daya tampung siswa di madrasah. Terlebih lagi saat ini Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan terus membangun dan meningkatkan mutu lulusan siswa madrasah. Diantaranya yang sangat populer yaitu kegiatan rumah tahfidz dan peningkatan potensi akademik.

Kakanwil Kemenag Sumsel H.M. Alfajri Zabidi, S.Pd, MM, M.Pd.I menghimbau kepada para pengawas madrasah untuk berperan aktif peningkatan kualitas lulusan madrasah. Hal ini dikatakannya saat membuka kegiatan pembentukan kelompok kerja pengawas madrasah tingkat provinsi sumatera selatan, yang berlangsung di aula Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Palembang, Rabu (20/12)

“Tugas pokok pengawas madrasah/satuan pendidikan adalah melakukan penilaian dan pembinaan dengan melaksanakan fungsi-fungsi supervisi, baik supervisi akademik maupun supervisi manajerial oleh karena itu maju tidaknya suatu madrasah juga merupakan tanggung jawab dari para pengawas,” tutur Alfajri.

Secara tegas dikatakat dalam Keputusan Menpan No. 118/1996 yang berbunyi ”Pengawas sekolah adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggungjawab, dan wewenang secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan pengawasan pendidikan di sekolah dengan melaksanakan penilaian dan pembinaan dari segi teknispendidikan dan administrasi pada satuan pendidikan prasekolah, dasar, dan menengah,”terangnya.

Alfajri juga menghimbau kepada pengawas madrasah untuk bersama memajukan pendidikan di madrasah sehingga madrasah senantiasa menjadi lembaga pendidikan favorit bagi masyarakatyang bernapaskan Islami,”pungkasnya. (fadhel)

Tentang Penulis: Kompassindo Cyber Media

Gambar Gravatar
Tampang Sangar Tapi Hati Selembut Salju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *