Kasi Kurikulum: Pembagian Ijazah Sudah Dibagikan ke Semua SD

oleh
ilustrasi ijazah

Palembang, Kompassindo – Meski Ijazah Sekolah Dasar (SD) sudah di distribusikan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) ke tiap-tiap sekolah, namun ada beberapa sekolah masih belum mendistribusikan ke siswanya. Hal ini dilatari lantaran sekolah harus hati-hati dalam penulisan data siswa baik dari nama maupun nilai. Sehingga membutuhkan waktu dan proses yang cukup lama.

Menanggapi hal tersebut, Kabid SD Disdik Kota Palembang Bahrin melalui Kasi Kurikulum SD Ahmad Kamil mengatakan memang pendistribusi blanko ijazah sudah diberikan ke seluruh SD Negeri dan Siswa di kota Palembang pada bulan September lalu.

Setelah diberikan, tugas sekolah selanjutnya harus mengisi blanko ijazah dengan data dan nilai siswa yang sudah terdaftar di Disdik Kota Palembang. “Perlu diingat pengisian harus hati-hati, sebab baik nama dan nilai harus sesuai laporan yang sudah tercantum. Karena kalau salah mereka harus meminta lagi blanko untuk dibuat lagi, jadi proses pengisian membutuhkan waktu dan ketelitian konsentrasi,” katanya.

Pihaknya juga sudah meminta sekolah yang sudah mengisi blanko ijazah, agar segera memberikan ke siswa tersebut. Takutnya kalau lama disekolah bisa-bisa hilang atau rusak. “Perlu diingat pengambilan ijazah ini gratis (tidak ada pungutan). Apabila ada siswa yang mau memberikan hadiah ucapan kepada karena sudah menulis blanko ijazah tentu boleh saja, tapi kalau ada oknum guru sekolah khususnya SD Negeri memaksa meminta uang, orang tua siswa bisa melaporkan ke Disdik Kota Palembang, karena biaya pembuatan blanko ijazah merupakan dari dana Pemerintah,” jelasnya.

Mengenai pendistribusian ijazah sendiri sebagian ada yang duluan dan sebagian lagi belum selesai. Faktornya tadi, mungkin guru kelas yang menulis masih banyak tugas dan berhati-hati dalam penulisan. Sebab sekali mereka menulis dan salag, ijazah tidak bisa di coret atau di tipe x (dihapus), mereka harus membuat baru. Makanya penulisan ijazah harus hati-hati. “Kita juga berharap penulisan ijazah cepat rampung. Kepada orang tua juga diminta bersabar, yang pasti sebelum akhir bulan Oktober semua ijazah sudah dibagikan ke orang tua,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SD Negeri 30 Palembang Nuraini mengatakan distribusi ijazah ke siswa sudah selesai. Malahan saat dibagikan oleh Disdik kota pada bulan September lalu. “Saya mengerahkan semua guru agar saling membantu dalam mengisi data siswa tersebut, alhamdulilah akhir bulan September guru mulai bertahap membagikan ke siswa, dan tanggal 1 Oktober kemarin semua ijazah sudah selesai dibagikan,” ujarnya.

Begitupun yang dikatakan Kepala SD Negeri 143 Palembang Rismawati mengatakan untuk sekarang pihaknya belum bisa mendistribusikan, soalnya saat ini sedang masa penulisan data siswa dan legalisir. “Jika semua blanko ijazah sudah diisi, tentu kami akan memanggil orang tuanya agar segera mengambil ijazah anaknya. Syarat pengambilan pertama siswa harus cap 3 jari dan foto copy,” pungkasnya. (fadhel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *