Kapolda Jambi Buka Acara Sertifikasi Penyidik

oleh

 

JAMBI, KOMPASSINDO – Kapolda Jambi Brigjen Pol Drs. Priyo Widyanto, M.M., membuka acara sertifikasi Penyidik Reskrim Polda Jambi dan Jajaran Ta. 2017 di Gedung Siginjai Polda Jambi. Selasa (07/11/2017)

Hadir dalam acara sertifikasi ini Kepala Lembaga Sertifikasi Profesi Polri (LSP) Lemdiklat Polri kombes Pol Agung Julianto, S.Ik, M.Si beserta tim, Wakapolda Jambi Kombes Pol Drs. Ahmad Haydar, S.H. M.M., Irwasda Polda Jambi, Para Pejabat Utama Polda Jambi, perwakilan para Kapolres/Ta Jajaran Polda Jambi, para Kabag Sumda dan para penyidik dan penyidik pembantu polda jambi.

Dalam sambutanya Kapolda Jambi menyampaikan bahwa tuntutan dan harapan masyarakat di era keterbukaan seperti pada saat ini tidak bisa kita biarkan dan harus kita respons agar kepercayaan masyarakat terhadap institusi polri semakin meningkat.

Dari beberapa survey yang dilakukan oleh lembaga eksternal diluar polri menunjukkan rendahnya kepercayaan masyarakat terhadap polri adalah disebabkan karena masih ditemukan komplain dari masyarakat berkaitan dengan penyidikan yang dilakukan oleh penyidik polri,”kata priyo.

Hal inilah yang menjadi tantangan bagi para penyidik dan penyidik pembantu dilingkungan Polri untuk dapat melakukan proses penyidikan secara profesional dan proporsional.

Didalam peraturan Presiden Republik Indonesia no.42 tahun 2017 tentang jabatan fungsional anggota polri, disebutkan ada jenjang jabatan fungsional keahlian dan jenjang jabatan fungsional keterampilan, didalam Perpres tersebut juga mensyaratkan bahwa jenjang jabatan fungsional tersebut baik keterampilan maupun keahlian harus memiliki sertifikasi sesuai kompetensi dan persyaratan lain sesuai dengan jabatannya (karakteristik jabatannya).

Oleh karena itu diharapkan seorang penyidik harus memiliki kompetensi di bidang tugas penyidikan yang diembannya. kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang penyidik atau penyidik pembantu meliputi knowledge (pengetahuan), skill (keterampilan), dan attitude (perilaku). ketiga unsur inilah yang dapat menunjukkan seseorang qualified atau tidak di bidang tugasnya,”imbuh kapolda jambi.

Untuk menunjang hal tersebut diatas, maka hari ini polda jambi menerima kedatangan Lembaga Sertifikasi Profesi Lemdikpol untuk melaksanakan sertifikasi kepada para penyidik dan penyidik pembantu yang ada di polda maupun polres dan polsek jajaran polda jambi.

Sertifikasi penyidik atau penyidik pembantu jajaran polda jambi selain untuk melengkapi persyaratan sesuai dengan peraturan pemerintah no. 58 tahun 2010, pasal 2a (1) dan pasal 3 (1) diharapkan juga dapat mewujudkan dan menjadikan para penyidik yang profesional, modern, terpercaya dan memiliki kemampuan dan integritas moral yang tinggi. sehingga para penyidik betul-betul bekerja dengan penuh tanggung jawab sebagaimana amanah dari program Promoter Kapolri,”pungkasnya.  (susilo/rill)

 

Tentang Penulis: Kompassindo Cyber Media

Gambar Gravatar
Tampang Sangar Tapi Hati Selembut Salju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *