Dirbinmas Polda Sumsel Bagikan Buku Panduan Saku Bhabinkamtibmas

oleh

PALEMBANG, KOMPASSINDO – Polda Sumsel telah mendistribusikan buku saku panduan kepada 1.213 personil jajaran Bhabinkamtibmas dibawah jajaran Polda Sumsel.Guna mensosialisasi Pencegahan, Pengawasan dan Penanganan Permasalahan Dana Desa di Sumsel.

Dirbinmas Polda Sumsel Kombes Pol Drs Iskandar MZ SH,MHum didampingi Wadir Binmas AKBP M.Hidayat mengatakan,pihaknya mensosialisasi buku ini agar bisa mendapatkan pemahaman bersama terkait penggunaan dana desa. Untuk itu Bhabinkamtibmas di Sumsel akan dilengkapi dengan buku saku sebagai panduan untuk pengawasan penggunan Dana Desa.

“Sebagai implementasi dari nota kesepahaman yang telah diteken oleh Kementriaan Dalam Negeri, Kementrian Desa Daerah Tertinggal Transmigrasi dan Polri beberapa waktu lalu.Kita sudah mendistribusikan buku ini sejak seminggu yang lalu kepada 1.213 personil Bhabinkamtibas,”terangnya

Lanjut dia,nantinya personel polisi yang tersebar di setiap desa akan diberikan buku saku sebagai pandungan yang juga berisi daftar pengawasan penggunaan dana desa.  Daftar tersebut disusun sesuai hasil koordinasi sejumlah unsur terkait pengawasan penggunaan dana tersebut.

“Buku ini berisi tentang pengawasan, tahapan dan penggunaan yang harus dilakukan oleh perangkat desa. Belum semua Bhabinkamtibmas paham mengenai tahapan soal penggunaan dana desa sehingga butuh acuan di lapangan dan juga sosialisasi,” jelasnya.

Kombes Iskandar menambahkan,dengan kesepakatan ini, maka baik kades maupun bhabinkamtibmas bisa bersama-sama melakukan pengawasan penggunaan dana desa.

“Personil Bhabinkamtibmas memang dituntut untuk lebih aktif melakukan pengawasan karena menilai beban kerja kades yang lebih banyak,”tegasnya.  (fadel)

 

Tentang Penulis: Kompassindo Cyber Media

Gambar Gravatar
Tampang Sangar Tapi Hati Selembut Salju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *