APBD Kota Jambi Anggarkan Pembelian 1200 Komputer senilai 9.1 Miliar

oleh

JAMBI, KOMPASSINDO

Pemerintah Kota Jambi tetap fokus mewujudkan terselenggaranya pendidikan yang bermutu, layak dan juga terjangkau melalui berbagai program yang terarah, terukur, tepat sasaran dan berkelanjutan, diantaranya dengan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018 pada jenjang pendidikan SPM/sederajat di Kota Jambi.

Komputer yang akan digunakan para siswa SMPN di Kota Jambi untuk UNBK sebagian sudah datang, dan telah didistribusikan ke sekolah-sekolah. Pemerintah Kota Jambi manargetkan seluruh SMPN di Kota Jambi melakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 2018 ini.

 

Untuk mendukung hal tersebut, Pemerintah telah mengangarkan persiapan sarana dan prasaran UNBK, diantaranya penyedian komputer. 2018 ini ada 1.200 komputer yang dibeli melalui APBD Kota Jambi senilai Rp9,1 miliar.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi, Arman mengatakan, saat ini sebagian komputer yang dibeli dengan APBD sudah datang.

“Sebanyak 413 set sudah datang Rabu lalu. Sisanya akan datang dalam pekan ini,” katanya.

Komputer tersebut datang bertahap karena proses penginstalan yang dilakukan oleh pihak penyedia. Yang sudah datang sudah kita pasang, sudah dicek, bagus semua,” imbuhnya.

Sebanyak 413 komputer yang sudah datang tersebut disebar di 10 SMPN dalam Kota Jambi, diantaranya SMPN 1, SMPN 2, SMPN 4, SMPN 9, SMPN 10, SMPN 12, SMPN 13, SMPN 15, SMPN 20 dan SMPN 23. “Kekhawatiran selama ini sudah terjawab,” sebutnya.

Ditambahkan Kepala Bidang SMP Arianto, untuk satu set komputer tersebut dibeli melalui e-Katalog seharga Rp7,6 juta.  Kalau sekrang harganya naik lagi, sudah Rp8,6 juta per set,” katanya.

Sebelumnya sebut Arianto, komputer bantuan Pemerintah pusat sudah datang sebanya 80 unit. Sekolah yang dapat jatah bantuan komputer dari pemerintah pusat tersebut yakni SMPN 1, SMPN 6, SMPN 8, SMPN 12, SMPN 14.

Terpisah, Kepala SMP Negeri 4 Kota Jambi, Budi Yanto membenarkan pihaknya telah menerima bantuan komputer yang sebelumnya telah dijanjikan Disdik Kota Jambi, untuk digunakan UNBK siswanya.  Kita telah terima 70 unit komputer yang siap digunakan UNBK mendatang,” jelasnya.

Pihaknya langsung memanfaatkan dengan baik bantuan tersebut dengan memasang di ruangan ujian yang telah disediakan sebelumnya bersama perangkat lainnya, seperti jaringan LAN atau kabel, server, listrik dan internet.

Disebutkannya, sebagai kepala sekolah, dirinya merasa sanggat bangga, karena bantuan ini sejalan dengan program sekolah saat ini.

“Harapan saya tentunya bantuan yang bersentuhan langsung dengan kepentingan siswa dan guru terus tetap digulirkan. Apalagi di era digitalisasi saat ini server, komputer dan pendukung lainnya sangat dibutuhkan demi kemajuan pendidikan,” katanya.

Dengan adanya bantuan komputer tersebut, sekolah dapat memakai untuk Try Out,  UASBN, dan tentunya UNBK.

“Terima kasih kami ucapkan kepada pemerintah Kota Jambi yang begitu peduli dengan Dunia Pendidikan terutama dukungan terhadap Ujian Berbasis Komputer. Terima kasih juga kami ucapkan kepada Dinas Pendidikan yang telah membantu,” katanya.

Budi menambahkan, kekurangan komputer tersebut masih bisa disiasati dengan fasilitas yang ada di sekolah,  pada guru, pegawai dan siswa.

“Saya yakin Pemerintah daerah tetap akan terus berupaya memberikan yang terbaik pada dunia pendidikan,” pungkasnya.  (silo/fz)

 

 

Tentang Penulis: Kompassindo Cyber Media

Gambar Gravatar
Tampang Sangar Tapi Hati Selembut Salju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *