PLN Sukses Raih Penghargaan di Infobank Digital Award of The Year 2018

oleh

PALEMBANG, KOMPASSINDO – PT PLN berhasil menerima penghargaan sebagai juara 2 kategori BUMN pada acara 7th Infobank Digital Award of The Year 2018 yang diserahkan oleh Pemimpin redaksi Infobank Eko B.Supriyanto kepada Manajer Senior Public Relations PLN Agung Murdifi pada Rabu (25/4) di Jakarta.

Deputi Manager Hukum dan Humas PLN WS2JB Rosmalina mengatakan, Bahwa PLN mendapatkan indeks penilaian yang tinggi yaitu 112.758, hal ini didapatkan dari hasil survey Infobank dan Isentia bahwa PLN berhasil menuai sentimen positif di berbagai percakapan media sosial masyarakat Indonesia. selain itu PLN meraih penghargaan Digital Award of The Year 2018 dalam kategori BUMN bersama dengan Pertamina dan Telkom sebagai juara 1 (satu) dan 3 (tiga).

“Penghargaan diberikan kepada 56 institusi yang terdiri dari perbankan, asuransi, multifinance, sekuritas, BUMN, perusahaan telekomunikasi, dan maskapai penerbangan dengan indeks tertinggi dalam digital branding di social media,”ujarnya kepada media, Rabu (2/5/2018)

Kembali dijelaskan Rosmalina, Ada 7 metode pengukuran peringkat perusahaan untuk menghasilkan indeks peringkat Digital Brand, yang pertama yaitu penentuan kategori perusahaan dan produk, kedua menentukan perusahaan dan merk yang masuk dalam kategori di tahap pertama, yang ketiga adalah pemilihan channel social media untuk  mengumpulkan data pembicaraan media sosial dan tahap keempat setelah semua nama keyword dan channel yang dirasa perlu dimonitor diinput ke dalam sistem, data pembicaraan yang ada di Indonesia selama satu tahun kebelakang mulai dari Januari 2017 hingga Desember 2017 di kumpulkan. Lalu tahapan kelima, sistem akan secara otomatis menentukan sentimen positif atau negatif, maupun netral dari setiap  pembicaraan berdasarkan keyword yang muncul.

“Tingkat akurasi dari sentimen yang ditentukan otomatis adalah sebesar 60%. Tahap keenam, data dari hasil generating system akan menghasilkan junmlah buzz yang dibagi dalam beberapa sentimen  yaitu positif, netral dan negatif untuk setiap perusahaan dan brand,”ujar Rosmalina saat diruang kerjanya.

Terahir diungkapkan Rosmalina, Dari semua hasil data tersebut maka akan muncul indeks formula yang merupakan jumlah buzz positif ditambah dengan buzz netral, dikurangi buzz negatif. Pada tahap akhir atau tahap ketujuh, dari hasil perhitungan indeks, akan muncul perusahaan dan merk yang mendapatkan nilai indeks tertinggi, hasil ini menentukan Digital Brand of The Year 2018 di setiap kategori.

Menggunakan media sosial dalam strategi Komunikasi perusahaan merupakan hal yang sangat penting dalam menghadapi persaingan di abad ini.

“Dalam era disrupsi digital, setiap industri mengalami perkembangan dan kemajuan di berbagai bidang. Zaman digital menjadi kesempatan bagi seluruh institusi untuk bertransformasi, PLN harus siap dengan tantangan transformasi ini,”tandas Rosmalina.(fadel)

 

 

Tentang Penulis: Kompassindo Cyber Media

Gambar Gravatar
Tampang Sangar Tapi Hati Selembut Salju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *